Tuesday, August 7, 2018

Membangun Ekonomi Investasi Infrastruktur

Perkembangan Investasi Infrastruktur
Investasi adalah kegiatan perekonomian yang sudah cukup lama berkembang di Indonesia. Dengan adanya investasi ini, kita jadi tahu perkembangan perekonomian di Indonesia sekarang ini. Karena investasi keadaannya tidak akan tetap, dan naik turunnya investasi akan menggambarkan bagaimana perekonomian yang sedang kita hadapi ini.


Termasuk juga investasi infrastruktur yang memang sekarang sedang gencar-gencarnya pemerintah melakukan hal tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan Presiden ke berbagai daerah untuk melihat beberapa infrastruktur yang sedang dibangun atau bahkan sudah diresmikan oleh Pemerintah seperti bandara yang ada di Jawa Barat baru-baru ini.

Memang pertumbuhan investasi di Indonesia hanya mencapai 6%, tapi jika di infrastruktur bisa berjalan dengan lancar, pendapatan yang terakumulasi juga akan banyak.

Investasi pada artian lain sebenarnya adalah menabung tapi dengan mendapatkan keuntungan. Jadi, saat kita menabung biasa, hasil yang nanti kita terima akan sejumlah uang yang kita tabung. Sedangkan jika investasi, kita menanamkan modal pada suatu proyek dengan sejumlah uang, akan tetapi nanti yang kita hasilkan dan terima akan lebih banyak dibandingkan dengan setoran awal yang lalu.

Akan tetapi, untung atau tidaknya, tergantung dari tingkat perekonomian di Negara tersebut. Termasuk juga investasi infrastruktur. Dalam infrastruktur ini, kita juga menanamkan suatu modal pada proyek pembangunan di suatu daerah. Jika pembangunan itu berhasil dan bisa dijalankan untuk kepentingan bersama, kita akan mendapatkan keuntungan dari sana.

Di Indonesia sendiri memang pada bidang infrastruktur sedang dalam tingkat kemajuan yang lumayan tinggi. Proyek-proyek yang tahun-tahun lalu sempat mati, kini mulai tumbuh kembali berkat adanya investasi infrastruktur yang juga berjalan dengan lancar. Pembiayaan adanya pembangunan infrastruktur memang tidak akan berjalan lancar hanya bermodalkan pada biaya dari pemerintah saja.

Akan tetapi, jika ingin menanamkan sebuah investasi pada proyek infrastruktur Negara juga tidak semudah itu. Ada beberapa prosedur resmi dari pemerintah agar bisa bergabung di dalamnya, bahkan beberapa Badan Usaha juga ditunjuk oleh pemerintah untuk menanamkan saham pada proyek infrastruktur yang akan berlangsung.

Dengan biaya-biaya yang masuk untuk bisa membantu pembiayaan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana rakyat akan segera terealisasikan. Investasi infrastruktur memang sangat penting bagi pembangunan ekonomi. Perekonomian tidak dilambangkan sebagai ekonomi maju hanya dari segi gaji para karyawan saja atau bahkan harga bahan pokok yang murah. 

Akan tetapi, perekonomian suatu Negara akan bisa maju jika infrastruktur yang ditujukan untuk kepentingan rakyat bisa tumbuh dan berkembang. Pada dasarnya memang Indonesia adalah Negara berkembang, jadi untuk pembangunan infrastruktur ini bisa dibilang cukup lambat dan memakan banyak waktu. 

Hal itu dikarenakan, para investor yang masih meragukan untuk menanamkan modal di proyek tersebut. Tapi dengan salah satu Badan yang mengawasi dan mengkoordinasikannya, sudah banyak yang mau memberikan modalnya.

Indonesia adalah Negara yang luas, tidak semestinya untuk menyia-nyiakan lahan yang luas ini dan menjadikan tanah yang kosong. Pemerintah juga kini telah merambah ke Indonesia Timur, dimana tingkat kemajuan infrastruktur di sana masih tergolong sangat lamat dan jika memulainya, harus sangat awal, dimulai dari nol. Adanya investasi infrastruktur yang berjalan dengan lancar dan BKPM yang bertugas untuk Koordinasi penanam modal dalam negeri yang menjalankan kegiatan penanaman modalnya bahkan hingga sampai di luar wilayah Indonesia. Dengan adanya BKPM, kegiatan investasi kita aman dan bisa terhindar dari kerugian yang cukup besar.

No comments:

Post a Comment